Jumat, 01 Januari 2016

Reinventing Our Life

Tahun baru telah tiba. Kita mulai lagi siklus kehidupan dari angka 1. Siklus tahunan ini adalah momentum yang baik untuk memperbaharui hidup. Reinventing adalah kata yang saya pilih untuk memperbaharui diri. Reinventing atau menemukan kembali berarti kita melihat kembali eksistensi diri kita dan menemukan makna-makna baru. 



Terinspirasi dari seni kintsugi, dimana gelas yg sudah pecah diberikan makna baru dengan goresan emas sebagai penyambung retakan. Demikian juga dengan manusia, di tahun 2015 mungkin ada hal-hal yang membuat kita retak bahkan hancur. Nah sekarang saatnya kita menyambung bagian retak itu dengan emas. Bagaimana caranya?

Sempat saya sampaikan di posting Inspirasi Dibalik Kisah, proses Reinventing yaitu BERDAMAI, BERI MAKNA, BERADAPTASI, dan BERTINDAK
Mari kita bahas satu persatu

Berdamai
Memiliki makna apapun yang kita alami sebelumnya, baik atau buruk perlu kita terima menjadi bagian dari hidup kita dan kita terima dengan ikhlas. Jangan terjebak dengan kejayaan masa lalu atau terbelenggu rantai trauma kejadian buruk yang menimpa kita. Saran saya serahkan segala kekuatiran dan kekuatiran kita kepada pencipta, bila ada yang menyakiti kita maafkan dan kita move on

Beri Makna
Ambil hikmah dari setiap kejadian, pasti ada hal yang bisa kita tarik sebagai pelajaran hidup. Temukan makna makna dibalik kejadian itu dan tarik hal yang positif saja. Tanyakan pada diri kita beberapa pertanyaan ini, melalui kejadian tersebut apa pelajaran hidup yang bisa saya bagikan bagi orang lain?  Setelah menemukan jawabannya tanam itu dalam benak kita.

Beradaptasi
Ada kejadian yang mungkin membuat kita tidak bisa menjalani hidup seperti sedia kala, sebagai contoh, kondisi fisik yang melemah atau kehilangan seseorang. Hal ini membutuhkan kita untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut. Bila makna berkaitan dengan mengapa (why), maka beradaptasi berkaitan dengan bagaimana (how). Tahap ini perlu tekad, karena kita akan mengubah kebiasan yang selama ini sudah nyaman kita lakukan.

Bertindak
Artinya kita perlu dengan konsisten menjalankan perubahan ini dan menjadikan kebiasaan baru yang hidup dalam diri kita. Berat? Sudah pasti bro, tapi kita perlu berubah untuk maju.

Lalu apakah proses ini berhenti sampai disini? Tidak sobat! Karena perubahan terus terjadi, dan kita harus terus menerus melakukan proses reinventing secara terus menerus. Sama seperti teknologi yang terus menerus berinovasi menjadi lebih cepat dan lebih maju, mari kita juga melakukan hal yang sama dengan hidup kita. Keep REINVENTING your life! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar